> 7 DAYS PASS
BACK




KNOWLEDGE

Hati-Hati, Tidak Bisa Atur Waktu Bisa Bikin Stres dan Sakit!

4 April 2014

Sebagai masyarakat bergaya hidup modern, kita selalu dihadapi dengan segudang aktivitas setiap harinya. Mulai dari bekerja, meeting, nge-gym, berbelanja kebutuhan sehari-hari, sampai hangout bersama teman-teman dan mengunjungi keluarga. Hmm…apakah seluruh aktivitas sudah mendapatkan porsi yang seimbang di jadwal Anda?

 

Hasil Yang Maksimal!

Menurut Laura Stacks, penulis buku What to Do When There’s too Much to Do: Reduce Tasks, Increase Results and Save 90 Minutes a Day, dengan mengatur waktu sebaik mungkin, orang akan mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang dikerjakannya. Mereka yang pandai dalam mengatur waktu pasti dapat menyelesaikan seluruh tugas dan menjalankan harinya dengan lebih baik, daripada mereka yang tidak terencana. Karena mengatur waktu dengan baik membuat kita tidak terburu-buru mengerjakan sesuatu, tahu skala prioritas, dan fokus karena tidak perlu menyelesaikan banyak pekerjaan yang menumpuk dalam satu waktu. Sebelum keluar rumah, pastikan seluruh kebutuhan untuk aktivitas hari itu sudah Anda bawa semuanya dan pikirkan lebih dahulu aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan di luar rumah, untuk mencegah Anda bolak-balik tidak perlu karena lupa sesuatu.


Tidak Teratur Bikin Stress & Lelah

Tidak bisa mengatur waktu dengan baik, sudah pasti ada efek buruk yang dirasakan. Mulai dari banyak aktivitas dan pekerjaan yang terabaikan atau tidak bisa dilakukan, pekerjaan semakin menumpuk, dan dalam jangka panjang menggangu kesehatan kita. Kenapa bisa?

Ternyata manajemen waktu yang buruk terkadang memaksa kita menyelesaikan tugas yang banyak dalam waktu singkat. Misalnya, saat harus menyiapkan presentasi untuk meeting besok sekaligus menyelesaikan deadline pekerjaan hari ini. Kalau tidak pandai mengatur waktu untuk menyicil kedua pekerjaan tersebut, kita cenderung memaksakan diri mengerjakan keduanya nonstop, yang akhirnya mengorbankan waktu tidur dan istirahat kita. Akibatnya, kita mengalami kelelahan dan stres.

 

Menurut dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB dari FKUI –RSCM, tubuh manusia memiliki batas dan perlu beristirahat. Jika dipaksa beraktivitas, tubuh akan mengalami kelelahan. “Dampak kelelahan adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis, dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Kelelahan serta stres yang tinggi juga akan sangat menggangu proses metabolisme dan hormonal dalam tubuh kita,” ujarnya.

Masih menurut dr. Ari, mengatur waktu sangat diperlukan agar hidup lebih sehat. Secara umum, waktu dalam sehari dibagi menjadi tiga, 8 jam untuk bekerja keras, 8 jam untuk kerja ringan, dan 8 jam untuk tidur. Dalam batas tertentu, menggeser waktu untuk bekerja keras dengan mencuri waktu tidur atau istirahat masih bisa dilakukan, itu pun sesekali saja. Tapi, menggeser waktu terlalu ekstrem, misal tidak tidur sampai 24 jam akan mengganggu keseimbangan kerja tubuh. Akibatnya bisa jadi kita sakit karena kelelahan dan stres. Oh no!


Tips Manajemen Waktu

Supaya tidak kewalahan mengatur waktu, FIMELA dan Gold’s Gym berbagi tips soal manajemen waktu.




Buat To Do List -
Walau tampak sederhana, pastikan Anda membuat to-do list malam sebelumnya. Fungsinya agar waktu sehari tidak terbuang percuma, sehingga Anda lebih produktif. Di to do list siapkan juga space untuk waktu-waktu yang tidak terduga.


Manfaatkan Waktu Luang –
Meeting dicancel atau justru selesai lebih awal dari perkiraan? Bukan berarti Anda harus langsung bersantai dan mampir ke kedai kopi favorit, manfaatkan waktu yang ada untuk menggarap tugas berikutnya, bahkan yang belum mendekati deadline. Be ahead of the game!


Fokus – Ini yang sulit…Fokuslah pada satu hal yang menjadi prioritas hari ini dan lakukan semua hal yang mendukung Anda untuk fokus pada pekerjaan, misalnya matikan ponsel Anda, pasang tanda “do not disturb” di pintu, atau bahkan putar lagu-lagu menangkan dengan volume rendah agar tak mengganggu konsentrasi.


Manfaatkan Gadget – “Atur jadwal Anda yang padat dengan bantuan ponsel Anda. Catat semua kegiatannya yang sifatnya fix di kalender ponsel dan set juga alarm untuk kegiatan penting. Lupakan cara lama melingkari tanggal di kalender, Anda berisiko lupa!


One Day Preparation – Untuk menghemat waktu, siapkan segala kebutuhan Anda sehari sebelum beraktivitas. Mulai dari sarapan dan bekal makan siang, siapkan menu sehat yang bisa dengan mudah Anda panaskan di pagi hari. Berencana nge-gym? Siapkan pakaian, sepatu, dan segala kebutuhan olahraga Anda. Tak lupa pakaian ganti jika memang Anda berencana untuk hang out setelah nge-gym. Hal ini akan menghemat waktu Anda, terutama jika Anda bangun kesiangan.


Buat Deadline – Kebiasaan menunda merupakan penyakit umum banyak orang yang jadwalnya berantakan. Agar tidak menunda-nunda, buat deadline untuk setiap hal yang Anda kerjakan. 1 jam untuk berolahraga, 30 menit untuk makan malam, lalu 1 jam untuk menonton TV bersama keluarga, lalu 30 menit untuk mempersiapkan kebutuhan Anda untuk keesokan hari. Dengan begitu, Anda bebas dari mengulur-ngulur waktu untuk hal yang tidak penting.


Ikut Yoga – Kita semua tahu pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh dan pikiran, tapi yoga memiliki manfaat lebih untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran Anda agar Anda lebih tenang dan fokus, serta tak mudah panik dalam mengatur jadwal super sibuk Anda. 


Sumber: www.fimela.com diedit oleh Gold's Gym Indonesia